Laman

Minggu, 04 Mei 2014

Takabur ( etika yang buruk bagi diri)

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh
pada kesempatan ini, saya akan memberikan sedikit pengetahuan mengenai sesuatu perbuatan yang dapat merusak etika seseorang  dan akan dipandang buruk oleh kebanyakan masyarakat. Perbuatan tersebut adalah perbuatan Takabur.
Tahukah anda bahwa sifat Takabur ini merupakan salah satu sifat iblis yang laknat itu? Takabur adalah sombong, congkak, merasa besar dan menampak-nampak kebesarannya. itu dari segi bahasanya, kalau dari segi istilah, takbur adalah merasa diri lebih baik dari orang lain, baik dalam hal ilmu, kedudukan, keturunan, bentuk fisik dan lain-lain sehingga menolak kebenaran dan menganggap rendah , hina orang lain.
kebanyakan orang yang sudah diberi suatu kedudukan yang tinggi, kehidupan yang mapan, sangat rentan dengan sifat takabur ini.mereka sangat sulit sekali jika takabur ini merasuki jiwanya, maka setiap kebenaran yang datang padanya pasti akan ditolaknya. nabi kita muhammad saw. bersabda "sesungguhnya kibir, takabur itu adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain"(hr. Muslim)
banyak hal yang dapat membuat seseorang tersebut bersifat takabur, diantaranya :

1. Ilmu Pengetahuan
       Dengan Ilmu yang tinggi orang bisa saja terjerumus ke jurang neraka karena adanya sifat takabur. merasa lebih tinggi dan terhormat sehingga orang lain direndahkan, dianggap bodoh, berotak udang, akhirnya dia suka meremehkan dan suka melecehkan orang lain dimuka umum. liat saja di tv-tv banyak orang yang berilmu tapi congkak. astagaaa,,,,

2. Amal Ibadah
      orang yang banyak ibadah dan amal shalih juga tidak lepas dari sifat takabur. kecuali orang yang selalu dilindungi allah swt. ia merasa dirinya mudah saja masuk surga, dan tidak akan mendapat azab dari neraka. bahkan ada yang menganggap bahwa dia adalah wali allah.

3. Nasab Keturunan
    jika engkau berada di keturunan raja, ningrat, kyai, orang kaya, pejabat publik , terkadang dapat menganggap hina orang lain yang tak sederajat dengan nya hingga tidak mau untuk duduk , bergaul bersama orang yang tidak sederajat dengannya. coba kita lihat, bagaiman sinetron yang ada di tv yang mengajak kita hal demikian.

4. Kecantikan atau ketampanan
    sering kita lihat orang yang sombong , congkak karena kecantikan atau ketampanan yang ada pada dirinya hingga ia mengejek orang lain. nabi kita kan pernah bersabda bahwa "Sesungguhnya Allah tidak melihat pada bentuk badan dan rupamu, tetapi Allah melihat hatimu ( keikhlasan hati dalam amalmu). (HR. Muslim)

jangan sampai kita memilik sifat takabur karena keempat hal yang telah diurai tersebut. kita ini adalah orang yang hina dihadapan allah, bila kita berjalan di muka bumi ini dengan kesombongan. orang lain gak akan bisa respect dengan kita jika kita memiliki sifat sombong dan pastinya etika kita buruk . pastilah pikiran orang terhadap kita selalu buruk. semoga kita terlindungi dari sifat takabur ini.. aamiinn